You in here

Rabu, 04 Januari 2012

Spartan 10


SPARTAN adalah pemodelan molekul dan aplikasi kimia komputasi dari Wavefunction, Inc. Ini berisi kode untuk mekanika molekul, semi-empiris metode, model ab initio, model fungsional kepadatan, pasca-Hartree-Fock model, dan termokimia termasuk T1.

Perhitungan molekuler mekanik dan perhitungan kimia kuantum memainkan peran yang semakin meningkat dalam kimia modern. Fungsi utama adalah untuk memberikan informasi tentang struktur, stabilitas relatif dan sifat-sifat lain dari molekul terisolasi. Karena kesederhanaannya, perhitungan molekul mekanik pada molekul kompleks luas di seluruh masyarakat kimia. Quantum kimia perhitungan, termasuk perhitungan Hartree-Fock orbital molekul, tetapi terutama perhitungan yang memasukkan korelasi elektron, adalah jauh lebih menuntut. Hanya baru-baru ini, sudah banyak orang memiliki komputer untuk membuat aplikasi rutin mereka di antara ahli kimia utama.

Spartan08 Screen Shot.PNG

Quantum perhitungan kimia juga untuk memberikan informasi mengenai mekanisme dan distribusi produk dari reaksi kimia, baik secara langsung dengan perhitungan pada masa transisi, atau berdasarkan Postulat Hammond, dengan pemodelan tuntutan sterik dan elektronik dari reaktan. Perhitungan kuantitatif, yang mengarah langsung ke informasi tentang geometri dari masa transisi, dan tentang mekanisme reaksi pada umumnya, semakin umum, sementara model kualitatif masih diperlukan untuk sistem yang terlalu besar. Perhitungan Quantum kimia dapat memberikan informasi untuk melengkapi data eksperimen yang ada atau mengganti sama sekali, misalnya, biaya atom untuk analisis QSAR, dan potensi antarmolekul untuk mekanika molekul dan perhitungan dinamika molekul.

SPARTAN adalah program pemodelan molekul yang modern, sedangkan akar perkembangannya awal program kimia komputasi, versi saat ini dirancang untuk menerapkan metode kimia komputasi (model teoritis) ke sejumlah tugas-tugas standar yang menyediakan ahli kimia dengan dihitung berlaku untuk penentuan bentuk molekul (konformasi), struktur (ekuilibrium dan geometri keadaan transisi), sifat spektral, molekul (dan atom) sifat, reaktivitas dan selektivitas data. 


Fitur Spartan 10
  • Peningkatan Kinerja – Spartan’10 mendukung chipset I7 baru dari Intel, dalam praktek ini akan memperluas fungsi paralel dengan core memory 8-shared, secara signifikan ini meningkatkan fungsionalitas Paralel Spartan.
  • Tampilan diagram Energi Orbital
  •  potensial permukaan hidrida untuk menjelajahi selektivitas nukleofilik
  • Extension of T1 thermochemical recipe untuk silikon dan fosfor
  • Fitur Permukaan clipping memungkinkan visualisasi dalam model grafis terhitung
  • Peningkatan struktur database dan pilihan pencarian reaksi
  • Peningkatan kemampuan pencarian spektrum inframerah
  • Tutorial, masalah, dan Wikipedia dapat diakses dari dalam Spartan
  • Sifat molekul dan atom yang diperluas dan deskriptor HKSA (Hubungan kuantitatif struktur-aktivitas)
  • Perhitungan dan tampilan spektrum Raman
  • Pilihan tampilan spektrum NMR termasuk DEPT, HSQC, dan HMBC
  • Peningkatan akurasi pergeseran kimia 13C NMR
  • Data mining, analisis statistik dan plotting
  • Akses ke Sparta Spectra dan  Database sifat spektra IR dan NMR, sifat molekul dan atom dan deskriptor HKSA
  • Tab berbasis visualisasi pilihan untuk membuka file yang beragam; kustomisasi Toolbar  untuk ikon
  • Pengimplementasian Paralel frekuensi HF (Hartree Fock) dan DFT (density functional theory) dan metode RI-MP2
  • Pengimplementasian penuh untuk sistem komputer 64 bit.

Dari web penyedia software Spartan ini kita juga bisa mengunduh buku gratis tentang kimia komputasi, A Guide to Molecular Mechanics and Quantum Chemical Calculations  by: W.J. Hehre. Buku ini berjumlah 812 halaman yang kalau beli buku aslinya seharaga $ 75.
Versi demo-nya bisa di download dari sini. Isikan form yang tersedia untuk mengunduhnya.




SpartanModel adalah "Model Kit Elektronik". Memanfaatkan teknologi komputer, SpartanModel menggantikan "model plastik" yang digunakan oleh generasi masa lalu mahasiswa kimia organik, dan memperluas utilitas model molekul dalam kimia pendidikan.

Spartan Student Edition adalah paket pemodelan molekul yang serius untuk mengajar, dan belajar, kimia. Menggabungkan mudah digunakan antarmuka grafis Spartan dengan satu settarget mesin komputasi, Student Edition menyediakan utilitas dasar pemodelan molekul mendukung kurikulum Kimia Organik.

Spartan adalah versi yang paling canggih yang ditawarkan. Spartan'10 rilis terbaru menawarkan menawarkan semua fiturdan metode termasuk dalam Edisi Esensial Spartan, dan bekerja sama dengan Q-Chem, menyediakan berbagai pasca-Hartree-Fock metode termasuk Kepadatan Fungsional, Moller Plesset, resep Theremochemistry (termasuk prosedur baru T1), dan berbagai pendekatan Korelasi Lanjutan. Spartan'10 adalah versi dominan yang digunakan dalam akademik, pemerintah, dan penelitian komersial.



sumber : http://www.wavefun.com/, http://en.wikipedia.org/, fathonahfatah.blogspot.com, http://urip.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar