You in here

Rabu, 04 Januari 2012

Buku Edubuntu


edubuntu book

Buku Edubuntu ini merupakan pedoman praktis bagi guru dan siswa yang ingin terampil menggunakan komputer untuk pendidikan, mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA, hingga perguruan tinggi. Pembahasan buku ini meliputi penggunaan sistem operasi Linux, pengenalan komputer untuk anak-anak, dan belajar ilmu lain dengan bantuan komputer dan Linux. Materi yang terkait pelajaran sekolah atau kuliah antara lain matematika, menggambar, dan ilmu pengetahuan alam.

Buku ini dilengkapi dengan CD berisi Linux Edubuntu, yaitu distro varian Ubuntu yang dilengkapi berbagai aplikasi untuk pendidikan. Buku dan CD ini tidak hanya cocok untuk mendukung pelaksanaan pendidikan formal, namun juga non formal dan belajar mandiri di rumah atau di kantor.

Dua bab pertama buku ini mengenalkan kepada pembaca tentang Linux, cara menginstal dan uninstall Linux Edubuntu, menambah dan mengurangi program, dan cara menjalankan berbagai aplikasi di dalamnya. Bab 3 membahas aplikasi pendidikan KDEedu untuk belajar beberapa cabang ilmu matematika dan pengetahuan alam, pelajaran bahasa, mengetik, dan lain-lain.

Bab 4 membahas aplikasi pendidikan khusus anak-anak seperti Gcompris yang meliputi banyak bidang pelajaran, TuxMath untuk belajar berhitung, dan TuxTyping untuk belajar mengetik. Bab 5 membahas penggunaan komputer untuk belajar menggambar, mengolah foto, membuat album foto, mewarnai gambar, atau hanya sebatas menampilkan gambar.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai buku ini, silakan mengunjungi halaman yang ada disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar