You in here

Rabu, 04 Januari 2012

Chemistry Add-in for Word

Dalam kimia, tidak hanya ada bahasa tertentu, tetapi juga simbol-simbol tertentu. Memberdayakan simbol-simbol dengan memungkinkan mereka untuk berkomunikasi di seluruh teknologi dan format, serta menyederhanakan penjelasan authoring dan semantik, berada di jantung Kimia Add-in untuk Word. Informal disebut Chem4Word, ini perangkat gratis yang diresmikan selama Spring American Chemical Society 2010 Pertemuan Nasional & Pameran. 

Chem4Word membuat lebih mudah bagi mahasiswa, ahli kimia dan peneliti untuk memasukkan dan memodifikasi informasi kimia, seperti label, rumus dan 2-D penggambaran, dari dalam Microsoft Office Word. Dirancang untuk dan diuji di kedua Word 2007 dan Word 2010, itu memanfaatkan kekuatan Kimia Markup Language (XML untuk kimia), sehingga memungkinkan tidak hanya untuk konten penulis kimia dalam Firman, tetapi juga untuk memasukkan data di balik struktur tersebut. Chem4Word dan Kimia Markup Language membuat dokumen kimia terbuka, mudah dibaca dan mudah diakses, tidak hanya untuk orang lain, tetapi juga untuk teknologi lainnya.


Selain fungsi authoring, Chem4Word memungkinkan pengguna denotasi inline "zona kimia," rendering penggambaran visual yang berkualitas tinggi dan siap cetak struktur kimia dan kemampuan untuk menyimpan dan mengekspos informasi kimia seluruh masyarakat kimia global.

Produk dari kolaborasi yang sedang berlangsung antara Microsoft Research dan Dr Peter Murray-Rust, Dr Joe Townsend,dan Jim Downing dari Pusat Unilever Informatika Ilmu Molekuler di University of Cambridge, proyek Chem4Word mengambil inspirasi dari kemampuan authoring persamaan-matematik di Word 2007. Kami juga telah mengambil keuntungan dari user interface dan fitur XML diperpanjang sudah termasuk dalam Office 2007 dan Office 2010, dan kami berharap ini memberikan demonstrasi kekuatan Microsoft Office sebagai platform. Microsoft Research bekerja sama dengan individu dalam bidang kimia untuk mengembangkan alat ini, tapi Microsoft Office menyediakan alat dan sumber daya untuk mengaktifkan domain lain untuk mengembangkan di atas aplikasi Office.

Sejak 1 Februari 2011 lalu telah di-realese sebuah add-in untuk microsoft word, Chemistry Add-in Word. Sebagai penyempurnaan dari versi sebelumnya (Chemistry Add-in for Word Beta version). Banyak penyertaan di sana-sini yang tentu saja membuatnya semakin powerfull.


Chemistry Add-in untuk Word ini merupakan aplikasi yang ditambahkan ke aplikasi olah kata Word yang memudahkan penggunanya dalam hal mengetik dan menyisipkan rumus struktur senyawa kimia, serta berbagai informasi kimia lain kedalam dokumen yang dibuat dengan word. Jadi sangat tepat jika orang yang berkecimpung dalam bidang kimia atau bidang terapannya. Ini memang merupakan alternatif bukan cara satu-satunya. Perbedaannya dengan aplikasi lain adalah soal ke-integrasiannya dengan word. Semua dilakukan secara terintegrasi, mulai dengan pencarian nama senyawa, pengeditan struktur dua dimensi (2D) dan lain-lain. 

Tidak ada hambatan dalam menginstall add-in ini ke dalam word sistem operasi Windows 7. Beda dengan versi sebelumnya saat itu menggunakan Windows XP yang harus diperbaharui dot NET Framework-nya menjadi dot NET Framework 3.5 Sp1. Jadi pada saat anda menginstall kalau menemui hambatan paling yah diminta untuk menginstall dot NET Framework tadi. 

Untuk menginstall Chemistry Add-in for Word ini silahkan double klik file Chem4WordSetup.exe kemudian ikuti instruksinya hingga selesai (tidak banyak langkah, kurang lebih 3 kali klik saja). Manual atau cara menggunakannya bisa diakses dari menu help. Jadi tidak perlu mengunduh manualnya secara terpisah. Tapi kalau mau mengunduhnya jangan kwatir sudah disediakan oleh pengembangnya. 


Berbagai fitur yang terdapat dalam Chemistry Add-in for Word ini bisa kita simak dalam manual tersebut. Yang paling menyolok dalam versi 1 ini adalah dalam hal editing strukutur, kita bisa memutar, mengganti gugus fungsi tertentu, bahkan mengubah sudut ikatan pada struktur tersebut. Termasuk menambah atau menggantikan muatan dengan smart bisa dilakukan dalam word itu sendiri. 


Pada saat melakukan pengeditan kalau memerlukan referensi tabel periodik kita bisa mengaksesnya dari Menu Atom -> Change Atom Type -> More, setelah itu maka akan dimunculkan pop-up tabel periodik untuk kita pilih dengan menge-klik unsur yang kita maui. 



sumber : http://research.microsoft.com/, http://blogs.msdn.com/, http://urip.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar