You in here

Jumat, 04 Mei 2012

Tepung Ikan




 
Gambar . Tepung Ikan
Tepung ikan mengandung protein yang cukup tinggi, sehingga sering digunakan sebagai sumber utama protein pada pakan unggas, disamping pakan lainnya. Selain sebagai sumber protein, tepung ikan juga dapat digunakan sebagai sumber kalsium. Tepung ikan yang baik mempunyai kandungan protein kasar 58-68%, air 5,5-8,5%, serta garam 0,5-3,0%. (Boniran, 1999)

Kandungan proteinnya relatif tinggi tersusun oleh asam-asam amino esensial yang kompleks (methionin dan lysin) dan mineral (Ca dan P, serta vitamin B12).

Dengan kata lain, tepung ikan adalah suatu produk padat kering yang dihasilkan dengan jalan mengeluarkan sebagian besar cairan dan sebagian atau seluruh lemak yang dikandung di dalam tubuh ikan. Tepung ikan sebagai bahan pakan ternak dan ikan untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani dibuat dari sisa-sisa olahan atau kelebihan hasil penangkapan dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan ikan yang pada akhirnya juga memaksimalkan nilai ekonomis sisa olahan dan kelebihan hasil tangkapan tersebut. 

Bahan-bahan mentah sebaiknya yang digunakan untuk pembuatan tepung ikan adalah ikan yang tidak banyak mengandung lemak karena ikan yang banyak mengandung lemak dapat mempercepat proses pembusukan sehingga dapat merunkan kualitas produk perikanan dalam hal bahan baku pembuatan tepung ikan.

Tepung ikan merupakan salah satu bahan bahu pembuatan pakan hewan maupun pakan ikan karena tepung ikan memiliki kandungan protein yang baik untuk proses pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak maupun ikan sebagai hewan peliharaan. Kandungan nutrisi dari tepung ikan yang digunakan untuk pembuatan pakan ikan adalah protein 60 – 75 %, lemak 6 – 14 %, kadar air 4 – 12 % dan kadar abu 6 – 18 %.

Metode pembuatan tepung ikan menurut Saleh et.al. (1990) adalah dengan cara memfillet ikan yang telah dibersihkan dan dimasukkan ke dalam alat pengukus yang telah dialasi kain blacu. Fillet ikan dikukus selama 30 menit. Ikan yang sudah dikukus kemudian di-press. Ikan yang telah di-press dihancurkan dan dikeringkan selama 3-4 hari di oven incubator pada suhu 500C. Setelah kering diperoleh granule ikan yang akan dilanjutkan dengan pembuatan tepung ikan.

Menurut Rasidi (1998) proses pemasakan ikan pada pembuatan tepung ikan secara sederhana adalah selama 30 menit, kemudian di-press pada saat masih panas untuk menghilangkan kadar air dan lemak terlarut.


Pembuatan tepung ikan sebagai bahan acuan sekunder menurut Trisna Y (2009) adalah granule tepung ikan dihaluskan dengan grinder dan disaring dengan ukuran 60 mesh. Kemudian tepung ikan dihomogenkan dan dikemas, kemudian dilakukan pengujian kadar air, abu, lemak dan protein.




sumber:
Boniran, S. 1999. Quality control untuk bahan baku produk akhir pakan ternak. Kumpulan Makalah Feed Quality Management Workshop. American Soybean Association dan Balai Penelitian Ternak. Hal 2-7.
Rasidi. 1998. 302 Formulasi Pakan Lokal Alternatif untuk Unggas. Jakarta: Swadaya.
Saleh, et. al. 1990. Metode Pembuatan Tepung Ikan. Jakarta: BBRP2BKP.
Trisna Y. 2009. Pembuatan Bahan Acuan Sekunder Padatan. Jakarta: BBRP2BKP.

1 komentar:

  1. FISH MEAL VIET NAM


    We are CAMITA COMPANY LIMITED, located in An Giang Province, Vietnam.
    CAMITA CO.,LTD.

    Ta On Hamlet, Chau Lang Ward, Tri Ton District, An Giang Province, Viet Nam
    Tel: +84 766 272 979 Fax: +84 766 256 029

    We sell the fish meal of origin in VietNam – pure fishmeal (Pangasius fish meal), with

    SPECIFICATIONS


    • Protein:55% min - 57% min - 58% min
    • Fat: 12% max
    • Moisture: 10% max
    • TVBN: 100mg/100gr max
    • Ash: 23% max
    • Free from Melamine


    PACKING In new single P.P bags 50 kgs net.

    DOCUMENTS

    • Full set of original Bill of Lading (3 Original + 2 Copies non-negotiable)
    • Commercial Invoice (3 Original)
    • Packing List (3 Original)
    • Certificate of Origin (1 Original + 2 Copies)
    • Certificate of Analysis by SGS (1 Original + 2 Copies)
    • Certificate of Weight by SGS (1 Original + 2 Copies)
    • Health Certificate (1 Original + 2 Copies)
    • Certificate of Fumigation (1 Original + 2 Copies)

    PAYMENT TERM: 100% Irrevocable L/C at sight.

    For any inquiry, please contact us:
    phuongnamagg@gmail.com – cammientay2013@gmail.com
    Nick chat yahoo: phuongnamagg
    Nick chat skype: phuongnamagg
    Mobi: 0084 988779939 mr. Nam

    BalasHapus